Kamis, 10 Mei 2012

Remaja dan Kasih Sayang.


 Aku mengasihimu. Ya aku juga mengasihimu..Terima kasih buat mbak ninneta atas award "aku mengasihimu" ini (maaf baru dipasang) Gambar malaikat yang membuat suasana hati damai dan tenang. Kasih, setiap orang pasti punya rasa kasih Kasih sayang kepada makhluk lain. Kasih sayang adalah dambaan bagi manusia. Siapa yang tak ingin disayangi orang lain? Hal ini berlaku bagi siapa saja, tak terkecuali remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Jika diibaratkan sapu tangan ia terlalu kecil, namun jika diibaratkan taplak meja ia terlalu besar. Ya itulah remaja. Menurut Kurt Lewin, remaja berada pada masa marginal, dimana remaja merupakan peralihan dari anak-anak menuju dewasa.

Pada masa-masa ini, remaja sedang berada di fase pencarian identitas diri (self-identity).Ingin menjadi pusat perhatian dalam kehidupan muncul dari dalam dirinya. Egosentrisme ini menyebabkan ia ingin semua orang lain memperhatikannya.

Saat-saat inilah, remaja membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang lain. Terutama dari orang yang ada disekitarnya. Kasih sayang itu berupa bimbingan dan arahan yang dapat membantunya menemukan siapakah dirinya. 

Banyak kasus yang dialami remaja seperti kasus narkoba, kasus pemerkosaan, kasus pencurian, dan kenakalan remaja lainnya disebabkan oleh, salah satunya, kurangnya kasih sayang yang diberikan. Mereka yang kurang kasih sayang akan berusaha mendapatkan kembali kasih sayang tersebut. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh remaja adalah upaya mereka untuk mendapatkan kembali kasih sayang dan perhatian tersebut. 

Sehingga penting sekali bagi orang tua terutama memberikan kasih sayang yang cukup bagi remaja karena hal ini akan membantu remaja dalam menghadapi kehidupan selanjutnya

http://www.smkn1-rotabayat.sch.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar